Sunday, December 24, 2006

Jayagiri Desember 2006

Ini catatan perjalanan Bandung - Gunung Tangkuban Parahu melalui Jayagiri pada hari Sabtu, 16 Desember 2006. Buat yang cukup sering ke sana, memang tidak ada yang begitu special, namun tujuan kita sebenarnya adalah perjalanannya itu sendiri. Tangkuban Parahu hanyalah sebuah tempat yang menandakan kita mesti makan siang, kemudian bergegas pulang.

Geger Kalong Girang Bandung, sekitar 8:30 - Saya bersama seorang teman memulai perjalanan dari daerah Geger Kalong Girang. Waktu itu cuaca cukup cerah. Sekitar tiga puluh menit perjalanan menuju desa Jayagiri kita habiskan dengan ngobrol2 tentang kerjaan, cita2 bisnis, keluarga, dsb. Begitulah, kita memang udah lama gak pernah ngobrol semenjak lulus kuliah taun 2001.

Desa Jayagiri Lembang, sekitar 9:00 - Matahari terasa lumayan menyengat, maklum kita pergi agak kesiangan. Dari desa inilah jalan kaki dimulai. Kulihat di depan jalan aspal tidak terlalu bagus agak menaik, ini adalah jalan menuju pintu gerbang bukit Jayagiri. Jauh di depan sana, kulihat Gunung Tangkuban Parahu dengan sebuah menara di atasnya. Saya ingat betul menara itu, karena kami pernah ke sana dulu. Pada awalnya suasana cukup ramai, ya namanya juga sebuah desa yang terletak tak jauh dari Lembang kota, di kiri kanan banyak rumah penduduk, kantor desa, bahkan gereja pun ada. Namun semakin lama berjalan, suasana semakin sepi pertanda hutan Jayagiri semakin dekat.

Gerbang Bukit Jayagiri, sekitar 9:15 - Belum apa2 keringat udah mulai menetes. Kemudian kita duduk2 dulu sekedar melepas lelah setelah jalan kaki sekitar 15 menit. Ini sih belom apa2, perjalanan kita masih jauh. Ini memang bukan kali pertama kami ke Jayagiri. Saya bahkan gak inget lagi berapa kali hiking ke tempat ini, mungkin 7 atau 8 atau 10 kali, pokoknya cukup sering. Pertama kali ke sini taun 1992, waktu itu acaranya pramuka kelas 6 SD. Kemudian baru sekitar taun 2000 (semasa kuliah) kembali ke Jayagiri. Nah semenjak saat itu lah saya dan teman2 cukup sering main ke sini, refreshing, begitu alasannya kira2.

Sebelum masuk gerbang, tak lupa ke toilet dulu, maklum setelah masuk bukit I, toilet baru bisa ditemui di bukit II yang jaraknya lumayan jauh untuk sekedar menahan kencing, apalagi BAB.

Bukit I Jayagiri, sekitar 9:30 - Setelah bayar tiket masuk Jayagiri dan tanya2 sedikit sama penjaga pos, kami memulai perjalanan. Jalan setapak itu mulai kami jalani. Lama kelamaan kami baru sadar, kami tidak sekuat dulu waktu masih kuliah, padahal kita belom tua2 amat ya, begitu kira2 obrolan kita. Bagaimanapun, saya selalu menikmati perjalanan ini, karena saya senang melihat alam, apapun bentuknya. Perjalanan kita lalui dengan terengah2. Sesekali kita istirahat, tak lama kemudian kita jalan lagi. Istriku sempat menelepon di tengah perjalanan menanyakan kabar, itupun aku jawab sambil terus berjalan dengan nafas tak teratur.

Aku tau di bukit pertama ini akan menemui persimpangan, dan aku mesti ambil ke kanan, sebab kalo ke kiri kita bisa kebuang ke semak2 alias jalan buntu. Ini pernah kejadian dulu, sehingga kita mesti kerja keras ngebuka jalan baru ke kanan, sampe nemuin track yang biasa dilalui orang. Pokoknya jangan sampe itu terulang lagi.

Bukit II Jayagiri, sekitar 11:00 - Bukit II diawali dengan pemandangan relatif datar, di sini dulu sering kulihat orang berkebun. Dulu, beberapa taun lalu, pohon-pohon di sini tidak begitu tinggi seperti baru beberapa waktu saja orang melakukan penghijauan. Tapi sekarang sudah lain, pohon-pohon sudah agak tinggi, sehingga agak sulit melempar pandangan jauh ke sana. Nah di bukit II inilah terdapat toilet yang ke-dua. Kami kemudian istirahat sejenak di sini, sekedar cuci muka dengan air yang dinginnya tak mungkin kami temui di Bandung kecuali di dalam lemari es. Toilet ini sejak dulu memang tidak bagus kondisinya, tapi tidak sejelek sekarang, setidaknya dulu aku bisa mengunci pintu toiletnya, sekarang bahkan kulihat atapnya udah pada bolong termakan usia. Aku menarik nafas sejenak mengenang beberapa taun lalu di tempat ini. Kulihat tempat ini sudah rapuh karena waktu, apakah aku juga berubah ? Lebih baik atau lebih buruk seperti toilet ini !?

Di awal bukit II ini ada satu dua warung jajanan, tapi sengaja kita lewat, karena memang kita membawa bekal yang cukup untuk sampe di Parahu sana. Di bukit ini kondisinya berbeda, jalan setapak tidak begitu menaik, tidak seberat di bukit I, relatif datar. Sebuah persimpangan kembali kita temui. Ke kanan adalah jalan yang cukup dekat menuju jalan raya, sedangkan ke kiri adalah jalan setapak menuju Parahu. Kami lalu ambil jalan setapak, kupikir di sini pemandangan akan jauh lebih menarik dari pada jalan raya yang dilalui kendaraan. Di sini pepohonan lebih rimbun, rapat dan lembab, juga tak lupa .. banyak nyamuk. Di perjalanan kulihat juga beberapa bangkai pohon tumbang mungkin karena hujan atau angin. Biarpun musim ujan udah masuk tapi jalan yang biasanya dialiri air kini hanya lembab, padahal jalan yang dilalui air di bukit II ini salah satu yang saya senangi. Singkat cerita akhirnya kami sampe di ujung bukit II, yaitu jalan raya menuju Parahu.

Jalan Raya menuju Parahu - Setelah bayar (lagi) tiket masuk Parahu, kami terus menyusuri jalan aspal cukup besar, ini jalan utama menuju Parahu sehingga mobil dan motor banyak lalu lalang di sini. Tak lama kemudian kami temui jalan setapak alternatif menuju Parahu. Tanpa pikir panjang kita langsung ambil jalan ini, maklum pecinta alam permai :p. Sambil ngemil makanan kecil kita menyusuri jalan setapak ini sampe akhirnya kebuang lagi ke jalan raya. Singkat cerita kami akhirnya sampe di Kawah Ratu. Karena waktu dzuhur sudah tiba kami langsung saja menuju mushola.

Tangkuban Parahu, sekitar 12:30 - Setelah sholat, kami naik ke atas mushola sekedar melihat keadaan sekitar. Kabut putih turun, sesekali sinar matahari masuk merupakan pemandangan biasa, tiap taun juga begini, nggak ada hal aneh dan baru di Parahu. Namun tujuan kita sebenarnya adalah perjalanannya itu sendiri. Tangkuban Parahu hanyalah sebuah tempat yang menandakan kita mesti makan siang, kemudian bergegas pulang.

"Ritual"ku di kawah Ratu adalah makan siang di tepi kawah sambil minum kopi yang dibeli di warung sekitar. Buatku itu sangat special, padahal menurut sebagian orang selera makan jadi hilang karena bau belerang, entahlah. Kami memutuskan untuk tidak pergi kemana-mana lagi (biasanya kami ke Kawah Upas & Kawah Domas, bahkan pernah naik menuju menara pengawas Parahu) karena waktu kita sangat terbatas waktu itu, rencananya temanku mesti cepat2 pulang ke Bogor. Setelah makan dan ngobrol2 akhirnya kita begegas pulang dengan tidak lupa sebelumnya membeli pohon kakus kecil pesanan istriku.

Pulang ke Bandung, sekitar 14.30 - Kita pulang pake angkutan umum dari Parahu langsung ke Lembang, kemudian diteruskan ke Bandung dan masuk daerah Geger Kalong Girang sekitar pukul 16.00. Selamat datang kembali di Bandung.

Selesai - Dan akhirnya semua berubah. Adakah kita berubah !? Jika tidak, kita akan tergusur oleh waktu. Semoga jika suatu saat aku kembali ke sini, aku telah menjadi lebih baik dari hari yang indah ini. Tidak ada yang aku bawa dari Parahu hari ini kecuali beberapa hikmah untuk bekal hari esok.

Keep blogging.

Sunday, December 17, 2006

arifmrizal.web.id : just another domain name - setelah nunggu 5 sampe 6 hari, registrasi domain gratis web.id akhirnya di-approve juga sama Kominfo :). Interested !? see http://blog.budiyono.net/2006/12/02/domain-webid-untuk-blog-gratisan-how-to/

Thursday, December 14, 2006

Selamat Berjuang (lagi) Kawan !

Tadi aku ketemu temen lama. Seribu satu kenangan kembali menerjangku. Aku cuma tiga taun di sana, tapi perjuangan mencapai cita-cita rasanya belum hilang dari ingatan. Perjuangan, ya perjuangan, ini layak disebut perjuangan. Karena di dalamnya kita selalu berusaha untuk saling menolong. Nilai-nilai inilah yang membuat jalan perjuangan ini terasa berarti. Dan akhirnya kau lulus juga kawan. Selamat, tapi kelulusan kali ini tampaknya bukan untuk dirayakan berlama-lama. Masing-masing kita punya PR yang sangat banyak setelah ini, bukan !?

Perjuangan anak manusia memang tidak akan pernah berhenti. Tapi perjuangan akan terasa lebih ringan bila dijalani bersama teman-teman terbaik. Ya, teman adalah sesuatu yang sangat berharga dalam hidup. Berbahagialah bila kita selalu dikelilingi teman-teman terbaik. Tapi yang lebih penting adalah bagaimana kita memotivasi diri sendiri untuk terus survive, seburuk apapun kondisi yang kita hadapi. Selamat berjuang kawan, tapi tidak seperti dulu, kali ini kita mesti berjalan sendiri-sendiri. Karena ini adalah fase baru dalam hidup. Dan dalam fase baru ini kita mesti berjuang lagi, menemukan lagi teman-teman terbaik, dan membuat perjuangan baru ini juga bermakna. Seperti dulu.

Wednesday, December 13, 2006

Kemarin, Hari Ini dan Esok

Hidup berlalu begitu cepat. Walaupun aku tidak menginginkan secepat ini. Seringkali aku rindu hari kemarin. Ingin terus seperti itu. Akh .. nggak ada yang abadi, semua fana. Gak ada yang sempurna. Tugas kita cuma menyikapi hari ini. Toh masa lalu juga dulunya disebut “hari ini”.

Lihat dirimu, sekarang sudah berbeda. Karenanya kamupun mesti berubah. Itu konsekuensi logis. Lihat juga orang sekitarmu, yang selalu menyayangimu. Tidakkah semua berubah tanpa kita sadari. Kita seringkali sengaja menutup mata dengan itu. Karena begitu mengerikan. Sehingga takut menghadapi kenyataan bahwa ternyata semua berubah.

Waktu terkadang menjadi sosok yang sangat jahat. Pun waktu pulalah yang bisa menjawab berbagai macam persoalan hidup tanpa campur tangan kita. Aku tau betul kamu benci hari esok. Makanya kamu tidak ingin melewatkan malam ini begitu saja. Tapi waktu terus bergulir, bahkan sangat cepat. Cepat sekali.

Tuesday, December 05, 2006

One to Many

Malem ini saya lagi dengerin salah satu radio di Bandung. Acara yang biasanya ngebahas kesehatan, kali ini yang dibahas adalah poligami, ya … siapa lagi kalo bukan kasus Aa Gym. Maklum ini lagi jadi gossip of the week (month, year ?). Kalo dibahas pasti panjang lebar. Tapi fenomena yang terjadi di masyarakat adalah bahwa orang-orang (terutama kaum wanita) terlalu berharap lebih pada seorang Aa Gym. Orang-orang mungkin lebih mencintai Aa dari pada Islam !? Terus terang saya sangat kaget melihat fenomena yang terjadi di masyarakat, orang-orang (terutama wanita) begitu memojokkan posisi Aa tanpa mengetahui persis latar belakang kejadian tersebut.

Apapun latar belakang Aa berpoligami, yang jelas Aa secara tidak melanggar hukum Islam maupun negara. Kalo begitu knapa kita menyudutkan perilaku seseorang yang tidak melanggar hukum maupun norma sedangkan banyak pelanggaran hukum dan kesusilaan di luar sana yang kita tidak tertarik untuk membicarakannya, tidak kita sikapi, bahkan mungkin tidak peduli. Jadi kita perlu evaluasi, apakah ini tentang pelanggaran hukum, ketidakadilan, ataukah hanya subjektifitas pribadi !?

Wednesday, November 29, 2006

Bandung Sore Ini

Tidak seperti hari-hari kemarin, dari pagi hujan gak juga turun di sekitar City Hall. "Ritual penting" tadi pagi yang memakan waktu dua jam dipayungi panas yang cukup menyengat punggungku, tapi masih menyisakan kesegaran udara karena hujan yang cukup lebat dua hari sebelumnya. Pohon besar di plaza keliatan lebih segar dan bersih, ada juga kupu-kupu yang keluar dari pepohonan, biarpun yang kulihat cuma satu. Gak apa-apa, toh musim hujan baru aja mulai.

Sampe aku sholat ashar di masjid seberang, tiba-tiba hujan disusul angin sempoyongan mengguyur jalanan yang agak ramai dengan kendaraan. Aku sempet kesal juga, seakan hujan ini sengaja menghalang-halangi aku untuk cepat pulang dan tiba di rumah bertemu anak istriku. Kekesalan itu berakhir sampe ada teman di sebelahku bilang "Alhamdulillah hujan turun". Akupun tersadar, kita telah mengalami kemarau yang cukup panjang, mungkin sampe sembilan bulan, sudah selayaknya kita bersyukur atas nikmat hujan ini. Alhamdulillah, akupun turut merasakan nikmatnya hujan ini. Ini namanya kejadian dilihat dari sudut pandang lain (pelajaran pertama - weks :p).

Hujan gak juga reda, aku memaksakan untuk kembali ke kantor, karena ini udah jam empat lebih, biarpun mesti lari keujanan. Tiba di kantor, tampak tinggal segelintir orang yang tersisa, itupun karena nunggu ujan reda, lainnya udah pada pulang sebelum jam tiga sore, seperti biasa. Ngobrol sebentar gak bikin hujan reda. Akhirnya aku pamit pulang, cukup pake sandal jepit, soalnya sepatu takut kotor, maklum sebagai biker yang males bersiin sepatu. Tempat parkir juga agak jauh, dan gak mungkin untuk sampe di sana tanpa keujanan (lagi), gak apa-apalah baju "korps" ini emang udah basah dari tadi.

Adegan biker ujan-ujanan memang bukan skenario baru. Dulu, waktu aku kerja di Kota Baru, riding under the rain sampe sejam setengah udah sering dilakonin, jadi bukan barang baru, tapi aku sih enjoy-enjoy aja, maklum riding itu emang menyenangkan buatku even ujan lebat sekalipun. Tapi kali ini berbeda, gak begitu mengasyikan, rasanya jarak kantor terlalu dekat dari rumah. Akupun sering merasa aneh sendiri, kok ada ya, orang yang merasa jarak rumah dan kantornya terlalu dekat, tapi begitulah kejadiannya.

Kembali ke cerita, akhirnya aku memutuskan untuk pulang biarpun ujan cukup deras mengguyur. Kalo udah dijalanin, ujan gede pun rasanya gak semengerikan waktu kita berteduh di tempat kering, dinginnya gak sedingin waktu kita melihat dari balik jendela (hmmm agak dalem nih maknanya :p). Bahkan mandi sore ini gak begitu menakutkan seperti kemaren-kemaren, hehehe. Ya itu mungkin karena suhu di luar lebih dingin dari air di bak mandi.

Hari ini membawa banyak pelajaran, seperti juga (seharusnya) hari-hari kemaren. Hari ini selalu membawa kenangan masa lalu. Kota ini akan selalu menjadi saksi perjalanan seorang anak manusia yang memunguti butiran-butiran pelajaran untuk bekal di suatu hari di mana ia tak lagi mampu berdiri dengan tegak. Bandung cukup dingin sore ini. Keep Blogging !

Monday, November 27, 2006

Pengennya Bisnis

Ini cerita tentang si Aku. Cita-citanya sih panjang kayak kereta, pengen punya bisnis sendiri. Lho terus knapa malah jadi PNS ya !? Lho emangnya gak boleh ya !? Bisnis itu mesti total ya !? Dari beberapa (sedikit sih) buku yang saya baca (gak pernah ada yang tamat), keliatannya semua teori dan pengalaman empiris dari best practices (weks !!!) mengerucut pada konklusi demikian (bisnis mesti total). Akh ... dari pada nungguin ngejalanin bisnis yang gak jadi-jadi mending sikat aja apa yang ada di depan hidung gue (salah satunya ya jadi PNS). Soal bisnis kita pikirin aja nanti lagi (selalu begitu). Toh akhirnya saya masuk seleksi juga, padahal awalnya gak niat-niat amat, sementara di luar sana ribuan orang yang udah bertaun-taun ikutan seleksi cuma bisa berharap taun depan mah bisa lolos, sugan.

Aku inginnya sih sederhana. Tapi tiap kali diskusi masalah bisnis dengan orang, malah tambah kompleks rasanya. Tapi pencarian belum berakhir. Baca buku cari info sana-sini masih dijalanin. Aku percaya suatu hari jika kita berusaha terus akan ketemu dengan hal terbaik buat kita. Bukankah orang yang sekarang sukses juga pada awalnya dia bermimpi dulu tentang hari ini. Malah mungkin dulu dia diketawain orang, HAHAHA begitulah bunyinya.

Saturday, November 18, 2006

Bush & My Poor Country

Kacamata agama terlalu mewah bila digunakan untuk berbicara masalah Bush dengan seorang sekuler. Lebih baik kita pake konteks yang lebih rendah : etika .. atau perikemanusiaan ? apapun namanya terserah deh. Begini saja, waktu peristiwa WTC 11 September yang menewaskan 3000 orang, semua orang (diajak) menangis, semua orang (diajak) membenci Osama bin Laden dan pengikutnya atas nama memerangi teorisme. Semua orang-orang yang dianggap teroris dikejar-kejar, ditangkap, dimasukan ke bui. Tapi kita seolah menutup mata bahwa Bush telah membunuh ratusan ribu (atau bahkan lebih ?) orang di Afganistan, Irak, Palestina, dst. Apakah kita tidak melihat ? pura-pura bego ? tidak peduli ? atau memang terlalu polos ? untuk melihat semua ini. Layakkah kita mengagung-agungkan, menyambut, mengharapkan iba dari seorang penjahat perang ? Tentu sikap kita sebagai rakyat biasa dan presiden sebagai seorang tokoh politik mungkin berbeda, karena pemerintah kita akan berpikir politis ketimbang kita yang idealis. Sebagai seorang presiden, saya pikir tidak ada salahnya menerima siapapun tamu yang datang, tapi dengan biaya 6 M ? Keterlaluan. Ya mungkin bila kerjasama nanti terjalin Indonesia akan menerima bantuan yang jauh lebih besar lagi, jadi balik modal udah pasti. Bantuan ? bantuan apa ya ? Ya bisa pendidikan, teknologi, etc. Satu hal yang pasti adalah Bush punya "kepentingan" di Indonesia. Apakah Indonesia mau menukar kehormatannya dengan "kepentingan" Bush ? Jika jawabnya ya, pantas saja banyak orang yang gak punya kebanggaan lagi dengan Indonesia, bahkan mungkin malu.

Wednesday, November 15, 2006

Lagu Sedih

Begitulah memang ...
Kita seringkali berhadapan dengan hal-hal yang "mengerikan".
Namun pada saat yang bersamaan, itu adalah yang terbaik dalam hidup kita.
Tak ada yang perlu disalahkan.
Tak perlu mencari-cari kesalahan.
Jalani saja seperti air yang mengalir.
Meski memang tidak mudah.
Layaknya ikan laut yang mesti berenang di air tawar.
Dunia menjadi sempit menghimpit.
Suatu hari kudengar lagu sedih.
Tak lama kemudian sayup-sayup aku diperdengarkan lagu yang menghibur.
Dan cerita ini terus berulang entah sampai kapan.

Monday, October 30, 2006

Bayi Mudik

Tanggal 25 Oktober 2006 pagi, Al mengalami mudik pertamanya ke Sumedang, lama perjalanan sekitar 3 jam, jalanan cukup lancar, tapi tetep aja panas, dia sempet nangis2 kegerahan. Sampe di Sumedang .. fuihhh panasnya minta ampun. Kegiatannya ya silaturrahmi, namanya juga lebaran, eh sempet juga nge-bakso, tapi gak enak, kalo soal bakso mah Bandung sebaik-baiknya tempat jajan. Singkat cerita pulang sekitar jam 7 malem. Perjalanan pulang macet abizz, kasian deh Al, dia kegerahan. Kalo aku ketiduran tau-tau udah sampe rumah. Alhamdulillah kita semua pulang dengan selamat. Lebaran taun depan Al kayak gimana ya !? Hmmmm ...

MotoGP 2006 milik Honda

Bukan Salah Rossi
Ini bener2 musim kompetisi yang berat. Kekalahan Rossi jangan cuma diliat di seri terakhir kemaren di Valencia, kalo itu terjadi tidak di seri terakhir mungkin gak terlalu jadi perhatian. Kekalahan Rossi mesti diliat secara keseluruhan sejak seri2 awal, nah kalo boleh saya menyimpulkan nothing wrong with Rossi, Rossi tetep the best rider ever. Seperti yang kita liat Rossi tetep melakukan yang terbaik sepanjang musim ini, Rossi gak pernah mengecewakan fans-nya (malah Hayden yang lebih sering mengecewakan fans dan kru-nya :p). Jadi siapa yang mengecewakan ? Yamaha. Sepertinya Yamaha terlalu takut kehilangan gelar juara dunia (apalagi setelah issue kepindahan Rossi ke F1 yg nyatanya gak jadi) sehingga menurut pengamatan saya Yamaha menggabungkan Riset 800cc untuk 2007 dan balapan 2006 dalam waktu yang sama (atau bahkan pada mesin yang sama dengan menjadikan M1 2006 sebagai prototipe 800cc), dan itu semua dibebankan pada pundak Rossi (dan kru). Sehingga mesin M1 dibikin sedemikian rupa hingga terjadi insiden overheating-lah, mogok-lah, keluar asep dari knalpot-lah, bla bla bla. Bukankah insiden2 itu (yg terjadi di awal2 seri) yang bikin poin Rossi jadi melorot di bawah Hayden ? Memang di akhir2 seri M1 sudah semakin membaik, tapi sudah terlambat, jumlah seri cuma 17.

Honda dan Ducati
Di awal musim, setau saya tidak ada ubahan teknis yang begitu berarti pada mesin RC211V, Mesin Honda 2006 nyaris sama dengan Honda 2005. Ini menunjukkan Honda Stabil. Honda yakin dengan mesinnya, cuma tinggal rider2-nya aje yang perlu di gembleng dan dikasih nyali segede2 gambreng biar bisa duel sama Rossi. Kalo Ducati, kalo gak salah Ducati memiliki tim sendiri di lain tempat untuk meriset mesin 800cc-nya, jadi balapan gak keganggu sama riset, menurutku ini sangat cermat.

Mr. Consistent
Julukan yang lebih bernada ledekan ini sering ditujukan bagi Hayden, karena mungkin penonton (yg bukan fans) lebih senang melihat pembalap2 yang ekstrim (gak peduli akhirnya pada ngejengkang di pinggir sirkuit, atau di seri lain tiba2 jadi boyot). Tapi seorang juara dunia itu memang harus konsisten. Kalo dipikir2 Rossi itu sangat konsisten (kecuali taun ini), cuma bedanya dengan Hayden, Rossi konsisten juara ke-1 di banyak seri, sedangkan Hayden cuma sampe podium aja udah untung, tapi selalu menuai poin. Walau bagaimanapun ini mungkin strategi tim Honda untuk mengalahkan Rossi, kalo head to head dengan Rossi rasanya sulit untuk menang, Rossi gitu lohh.

Komentator TV7 Sekarang Lebih Baik
Di blog ini saya sempat mengkritik komentator MotoGP TV7 di awal2 seri, waktu itu terkesan Yamaha yang selalu ditonjol2-kan, dan yang lain terkesan dihindari untuk diekspose (kecuali kekurangannya). Tapi salut komentator yang sekarang2 ini lebih bijak dan cerdas, yang bagus ya dibilang bagus, yang jelek ya diungkapkan seobjektif mungkin. Walaupun sponsor utamanya Yamaha tapi mampu mengetengahkan comment2 yang fair dan lebih enak didengar dibandingkan sebelumnya. Sekali lagi salut TV7. Kalo masalah pangsa pasar motor bebek di Indonesia mah biar masyarakat yang milih, gak usah dihubungkan dengan MotoGP soalnya gak nyambung. Hehehe maap ye ... namanye juga kritik membangun.

Empat Gelar Juara untuk Honda
Musim ini Honda memboyong setidaknya 4 gelar : Juara Dunia (Nicky Hayden), Juara Konstruktor (Honda), Juara Team (Repsol Honda), dan Rokie of The Year (Dani Pedrosa). Taun depan akan lebih sulit lagi buat Honda untuk mempertahankan gelar juara karena Rossi masih yang terbaik, malah saya sempet berpikir mungkin gak akan ada yang bisa melebihi (atau bahkan mendekati) kemampuan Rossi setidaknya dalam beberapa taun ke depan. Kalo mau jujur, tanpa bermaksud mengecilkan usaha Hayden, taun ini Dewi Fortuna bekerja cukup keras untuk memenangkan Honda. Bravo Honda !

Sunday, October 22, 2006

Suatu Malam terakhir di Bulan Ramadhan

Ini adalah posting pertama
setelah begitu lama gak ada tulisan apapun di blog ini.
Entah malas, atau gak ada yang ingin diungkapkan ?
Yang terakhir itu tentu aja gak mungkin.
Malah terlalu banyak rentetan peristiwa
sedih, gembira, kecewa, tekanan, marah, harapan
yang tidak sempat aku tuliskan.
Dan ..
tulisan pertama ini aku peruntukkan untuk adikku.
Adik yang mustahil aku tidak menyayanginya.

Dear blog,
Aku tidak ingin menuliskan semuanya di sini.
Karena hanya Tuhan yang mengerti semua.
Aku cuma ingin berdoa
smoga suatu hari nanti ..
kelak setelah dia dewasa ..
dia bisa mengerti tentang semua ini.
Smoga suatu saat nanti ..
dia bisa mencapai semua cita2-nya
menjadi apa yang selama ini dia inginkan.
Smoga suatu waktu nanti ..
dia bisa memaafkan
apa2 yang selama ini menyakitinya.
Ini adalah malam terakhir Ramadhan
besok maghrib sudah 1 Syawal
malam ini aku ingin menyampaikan permintaan maaf
bila aku pernah (slalu) menyalahkanmu, memojokkanmu.

Aku tau kejadian akhir2 ini sangat menyakitkan
tidak hanya buatmu, tapi juga buatku, buat kita semua.
Tidak hanya kamu di sana, aku di sini juga sedih.
Sesungguhnya aku bisa merasakan apa yang kamu rasakan
karena aku sebenarnya juga tidak lebih baik darimu.
Aku juga sama seperti kamu
tapi kita harus sabar, tegar, terus berjuang, jangan menyerah
karena jalan di depan kita masih panjang Adikku
karena kita punya cita2 yang masih harus kita kejar setengah mati
dan itu tidak mudah.

Hari2 ini kamu sangat rapuh.
Ini adalah saat2 yang sulit buat kita semua.
Smoga ini merupakan jalan agar kita menjadi lebih dewasa.
Gak ada yang mesti ditakutkan.
Aku akan menolongmu.
Bahkan jika kamu bisa lebih terbuka, semua orang akan menolongmu.

Masa depan kita masih sangat panjang.
Dan kita semua akan mencapainya bersama-sama.
Smoga masa depanmu akan indah, seperti mimpi2 indah di malam2-mu
Slamat lebaran, Adikku !

Friday, August 04, 2006

From Professional to Government

Bukan hal yang mudah untuk move dari profesional ke instansi pemerintah (PNS), kayaknya ritme pekerjaan jauh menurun (walopun mungkin sesekali sibuk juga), kualitas juga begitu. Rese memang, dikasih kerjaan susah .. ngomel, dikasih santei juga gak betah. Hmmm .. masuk PNS bukan pilihan yang mudah memang. Tapi PNS juga bukan suatu jalan yang mutlak seumur hidup, jangan dianggap begitu. Hari ini gw bisa di sini, besok gw bisa ke sana, lusa gw bisa ke mana-mana. Terlalu banyak cara untuk hidup. Kadang-kadang (sering juga deng) mental gw drop (baca:cengeng) saat menghadapi kerjaan baru: susah lah, lingkungan nggak kondusif lah, kurang menantang lah, bla bla bla. Satu2nya yang bisa 'menghibur'ku ya itu tadi, kalo aku gak suka aku bisa pergi ke manapun aku mau, tentunya dengan cara yang baik, yang pasti kita terus berusaha seumur hidup kita. Only God knows what's gonna happen to me latter, we'll see .. we'll see :)

Wednesday, August 02, 2006

Dipoyok Dilebok

Berbalut putih-hitam, SK CPNS Pemkot Bandung 2005 (akhirnya) diserahkan tanggal 2 Agustus 2006 di Dapenpos Bandung. Ada ucapan selamat dariku untuk aku :
Welcome Arif, ini mungkin bukan dunia yang bagus, bahkan jauh dari ideal, bahkan ini adalah sebuah dunia yang selama ini sering Kamu kritisi dengan pemikiran kamu yang perfeksionis seperti yang Kamu pelajari di bangku kuliah dulu, tapi inilah dunia nyata, semoga ini adalah jawaban semua doa2 Kamu, istrimu, dan orangtuamu kepada Tuhan yang mengerti hal terbaik bagi setiap umat-Nya.

Thursday, July 27, 2006

Undangan SK CPNS 2005 Kota Bandung

Setelah teriak-teriak di blog dan cuap-cuap di BKN Bandung sampe copy-paste comment beberapa kali, akhirnya undangan SK CPNS Kota Bandung disebar juga dan saya udah terima lewat pos tanggal 27 Juli 2006. Menurut Bagian Kepegawaian Pemkot undangan ada yang dikirim lewat pos dan ada juga yang by phone kalo alamatnya gak jelas. Untuk Pemkot Bandung Penyerahan SK CPNS tanggal 2 Agustus 2006.

Visitor Blog Naik
Secara statistik, isu SK CPNS ini menaikkan visitor dan PageRank di blog gw, pertanda banyak yang bernasib sama. Saya pikir keterlambatan SK CPNS hampir 5 bulan di Kota Bandung dan juga tempat lain merupakan hal yang tidak perlu terjadi. Banyak kasus dimana pekerjaan yang sedang dijalani seorang calon CPNS dengan berbagai alasan mesti ditinggalkan sementara SK CPNS belum turun, nah lho bingung kan ?

Monday, July 24, 2006

Kecuali Hayden

MotoGP Laguna Seca US 2006 - Saya benci banyak hal tentang Amerika, kecuali Nicky Hayden *weks*, itupun karena dia rider utama Repsol dan otomatis ujung tombak HRC. Ini momen yg gw tunggu2. Tiga rider Honda bisa bareng2 naek podium : Nicky Hayden, Dani Pedrosa, Marco Melandri. Seandainya Rossi gak pindah ke Yamaha, mungkin ini gak perlu terjadi. Hehehe.

Wednesday, July 19, 2006

Tuhan Sembilan Senti

Puisi karya Taufiq Ismail ini banyak banget yg nge-review, jadi saya gak perlu nge-paste textnya, coba aja search di Google atau di Technorati. Intinya .. dengan sangat terpaksa rokok di-generalisasi-kan sebagai sebuah bentuk kedzaliman baik terhadap diri sendiri dan (ini yang paling penting) terhadap orang lain. Nah poin yang terakhir ini yang juga jadi sorotan dalam puisi ini. Kalo mau jujur (dalam konteks ini), kita tidak terlalu begitu ingin untuk peduli terhadap kesehatan orang lain (sebab pada hakekatnya itu urusan dia), kita juga tidak terlalu berminat melarang orang lain ini dan itu, tapi masalahnya adalah kita tidak pernah bisa memaafkan perbuatan orang lain yang merugikan diri kita, terutama merugikan kesehatan.

MotoRace 2006

Setelah Majalah MotoGP 2006 versi Otomotif, akhirnya keluar juga MotoRace edisi 4 2006 versi MotorPlus. Tapi kalo soal MotoGP isinya masih kalah dari Majalah MotoGP 2006, baik dari sisi kuantitas maupun materi uraian. Porsi road race + underbone keliatannya lebih besar, artikel2 tentang MotoGP kurang banyak. Mungkin memang begitulah konsep MotoRace. Tapi lumayanlah buat yang masih haus informasi tentang MotoGP di pertengahan musim ini.

Monday, July 17, 2006

Penamatics at Pangandaran Beach

Penamatics dua hari satu malam (15 - 16 Juli 2006) di Pangandaran. Kegiatan padat : mejeng di Batu Hiu, naek sepeda "moge" two seaters (kapok) :p, kedinginan di kamar hotel, ngelewatin sunset (baca : sunset-nya kelewat), trus belanja baju murah meriah, bakar ikan di pantei, liat sunrise, "surfing" :p, naek perahu, hiking di Cagar Alam, borong ikan asin :p. Hasilnya ? Fotoku pada ilang soalnya kamera rusak :(, tangan + perut pegel.

Nyaris
Jul 19 06 08:56 am

Gempa yang disertai Tsunami hari Senin 17 Juli 2006 15:19 membuat saya menghela nafas dalam2. Rasanya hampir gak percaya, 1 hari sebelumnya saya dan rekan2 berada di tepi pantai Pangandaran, malah pake berenang segala, berjalan ke tengah sampe air menutupi dada dan leher. Saat membaca berita, banyak orang yang kehilangan keluarga, teman2, bahkan sampei harus mengevakuasi temannya sendiri, sungguh memilukan.

Thursday, July 13, 2006

About Hoax

Sungguh menarik membaca tulisan Belajar Membuat Hoax Sendiri. Hoax (Hoaks) tanpa kita sadari sering mampir di mailbox kita, kemudian kita percaya begitu saja, dan dengan polos mem-forward ke teman2 kita. Hoax bisa berupa email, Instant Messenger, SMS, dkk. Yang jelas kita mesti mengenal betul karakter hoax sehingga kita tidak 'bodoh' dalam bersikap. Sebab bagi orang yang faham, mem-forward hoax merupakan tindakan yang 'tidak cerdas'. Knapa saya menggunakan kata2 'bodoh' dan 'tidak cerdas' ? Sebab mem-forward hoax adalah salah satu tujuan yang dikehendaki si sender. Perhatikan saja kata2 "Tolong teruskan email ini kepada teman2 Anda bla bla bla dst". Atau berupa kata2 atau link url apapun yang menghendaki kita mem-forward email tsb. Daftar Email Hoaks boleh jadi salah satu referensi email2 yang dicurigai sebagai hoax, atau boleh juga cari keyword-nya di Google, siapa tau kita dapat informasi tambahan. Jadi bagi yg belum kenal hoax, kenalilah karakternya.

Premis awal : trust no body at the Internet.

related links :
Hoax at Wikipedia
Email Hoax at Direktif

Tuesday, July 11, 2006

Friendster Kantongi Paten Situs Pertemanan - Apakah Friendster akan memperkarakan situs pertemanan yg lain ? Kemudian tidak free lagi (komersil) ? Kalo misalnya itu terjadi .. kita boikot aja Friendster :p

6 SPBU Bandung Bermasalah

Tadi pagi, jam 6.30 wib, denger dari Radio Mara 106.7 Bandung, katanya ada 6 SPBU di Bandung yang bermasalah, kabarnya sih (kata salah seorang pendengarnya) udah disegel, yaitu SPBU : Borma Kiaracondong (deket Samsat), Soekarno-Hatta Sekelimus, pintu keluar tol Buahbatu, Laswi (yg lama), Cikadut - Ahmad Yani - Ujung Berung, Abdurrahman Saleh - Padjadjaran. Modusnya yaitu ada alat yg dimasukkin ke dalam meterannya, alhasil jadi tidak akurat lagi. Tapi saya belum dapet info dari yg lain sih. Jadi waspadalah .. waspadalah !

Update on Aug 4, 2006 2:56PM
Kayaknya udah pada buka lagi sih sekarang, awas tetep waspada forever !

Monday, July 10, 2006

Why the World Doesn't Need Superman

Superman Returns. Yang paling gw suka adegan Clark Kent terbang bersama Lois Lane. Saat itu ada romantic, klasik, sedih juga, soalnya Lois Lane udah punya suami (Richard White), bahkan udah punya anak (Jason White). Di film itu juga seolah ditunjukkan keraguan apakah Jason itu anak Richard atau anak Kent ? Hmmm kompleks. Ada suatu dilema, Richard adalah suami yang baik, tapi Kent gak mungkin dilupain. Weleh .. weleh. Di film itu juga ada adegan hero gombal-gombalan kayak kartun, nyelametin ini lah itu lah, hehehe. Diceritain juga Lois Lane memenangkan Pulitzer Prize untuk sebuah editorial essay berjudul "Why the World Doesn't Need Superman". Itu karena dia marah kali ya karena 5 tahun lalu Superman cabut gak bilang2 dulu. Tentang Lex Luthor, hmmm .. kok anak buah nya pada konyol ya, kayak film bodor. Kalo menurut gw Kevin Spacey memerankan Luthor dengan baik, pembawaannya tenang, pertanda dia penjahat kelas kakap, tapi sekaligus konyol juga sih, hmm penjahat yg aneh. Paling sedih ngeliat Superman dihajar sama Luthor cs, gak berdaya, sampe akhir film gak ada tuh adegan Superman ngehajar Luthor dkk. Jadi pengan bales demdam :D. Tapi gpp, itu pertanda Superman sekarang udah dewasa. Aku suka liat Superman terbang melesat, cepet banget ya, tapi rambutnya teuteup .. rapi. Waktu menghentikan pesawat yang nyelonong, wah keren lah. Pas landing, jeggerrr keras banget sampe tanahnya retak2, powerful banget. Tapi di waktu lain, kalo malem dia terbang ke atas .. slowly .. jauuuuuh banget .. trus ngeliat ke bawah .. menyendiri, ngelamunin Lois Lane kali ya yang udah hidup bahagia sama suami dan anaknya .. sedih. Dari sisi animasi, efek2nya gw suka. Terakhir, gw suka dengan nama Kal-El (Superman) dan Jor-El (biological father of Superman).

Thursday, June 29, 2006

Formatting numbers in JavaScript - mredkj.com - Fungsi JavaScript untuk Format Number. Recommended.

Wednesday, June 28, 2006

SK CPNS 2005 Kota Bandung

Lama2 gatel juga pengen ngomong masalah SK CPNS 2005 Pemerintah Kota Bandung. Kayaknya udah terlalu lama ya semenjak pengumuman kelulusan CPNS 2005 bulan Maret 2006 (CMIIW), sampe sekarang gak ada kabar apapun dari Pemkot Bandung. Beberapa kali sempet gw tanya lewat telepon maupun langsung dateng ke Bagian Kepegawaian, katanya sih memang dari BKN belum turun SK-nya. Sebenernya ini terlalu lama sih, tapi kalo mau lama juga ya gpp lah, tapi setidaknya ada kabar melalui berbagai media, kalo ngga mau repot lewat surat kabar kan bisa lewat Internet, buat apa Pemkot Bandung punya website www.bandung.go.id. Saran saya gunakanlah website resmi ini sebagai media komunikasi untuk menyampaikan berbagai informasi termasuk keterlambatan SK CPNS 2005 ini. Sebab hal ini menimbulkan ketidakpastian bagi CPNS yang diterima. Apakah Bagian Kepegawaian mau menerima telepon tiap hari hanya untuk menanyakan masalah SK CPNS ? Saya yakin tidak, oleh karena itu gunakan media yang ada untuk mempublikasikan hal2 penting, seperti halnya saya menggunakan blog ini untuk bertanya. Bukankah Pemerintah Daerah sekarang sudah melek IT toh ? Apakah daerah lain juga mengalami hal sama ?

Tuesday, June 27, 2006

JavaScript tanggal, kabisat - Kalo mau bikin input tanggal manual (combo box), validasi tanggal ini cukup praktis dan membantu.

Monday, June 26, 2006

Majalah MotoGP 2006

Cari majalah tentang MotoGP di Bandung kok susah ya ? Kalo tentang F1 sih banyak, bejubel, biarpun limited edition tapi tetep aja gampang carinya, apalagi kalo WorldCup, wah pabalatak. Majalah yang ini udah agak lama sih dapetnya, itupun susahnya minta ampun, tinggal satu lagi. Dapetnyapun bukan di Gramed atau GA, tapi di Karisma Buahbatu. Sekarang lagi nunggu yang MotoRace. Mudah2an gak susah dapetnya. Poor GP Mania.

Wednesday, June 21, 2006

PHP Memory Management ?

Client gw minta semua object yang di-create supaya di destroy, agar tidak makan memori. Setau gw sih PHP (versi 4) memiliki mekanisme self memory management, istilahnya garbage collector. Jadi saat memori tidak dipakai/direferensi lagi, maka dapat dipakai oleh OS untuk keperluan lain, sehingga tidak menimbulkan memory leak. Selama ini, itu yg gw pahami. Tapi bener gak ya, hmm gw jadi binun nih.

Monday, June 12, 2006

AL !

Setelah kecemasan .. Alhamdulillah penantian berakhir bahagia, hari Sabtu tanggal 10 Juni 2006 05:40 anakku lahir (Laki, 3.1 Kg, 50 cm) dengan persalinan normal. Namanya Hilal Arif (AL). Mohon doa dari semua ya.

Thursday, June 08, 2006

Forum Kebebasan Berpendapat Lintas Agama, dikelola oleh Faith Freedom International (FFI) - forum pemurtadan ?!, sah2 aja sih, ini justru bikin menarik :p. Isinya ? Fuihhh, panas. Menurut gw ini tempat berkumpulnya Nasrani, Yahudi, Majusi, Atheis, Polytheis, Pemuja Berhala, atau apalah namanya, dan Muslim. Meragukan ketuhanan, membelokkan alur sejarah ada di sini. Di sini orang bisa jadi ragu akan Tuhannya, trus jadi MURTAD, atau SEBALIKNYA, keraguan itu malah membuat orang melepaskan belenggu TAKLID yang selama ini dia telan bulat2 dan memBACA dengan akal pikirannya sehingga imannya bertambah karena menemukan jalan yang HANIF menuju Tuhannya. Target pemurtadan jadi melenceng toh ? Gw saranin buat yang ingin memurtadkan orang lain, diharapken lebih CERDAS lagi. Kalo tidak, yang terjadi malah sebaliknya.

Tuesday, June 06, 2006

Kecemasan Seorang Calon Ayah

Senin 5 Juni 2006, setelah diperiksa dokter, ternyata kandungan istriku, air ketubannya udah berkurang, ini berarti minggu ini anakku mesti lahir, kalo nggak, dipaksa harus lahir (induksi). Semoga istriku diberikan kekuatan oleh Allah dan dapat melahirkan dengan normal dan selamat, dan semoga anakku lahir dengan sehat, Amin.

Friday, June 02, 2006

The da Vinci Code

Last Supper Detail shows Jesus and Beloved DiscipleThe Da Vinci Code versi chm (540 K) - dapet dari Hani, gw jg blm sempet baca :p, banyak banget, keburu nonton film nya kemaren. Hmm gmn ya, masalah keIllahian yang debatable. Ya ! itu memang film. Tapi kalo kita menggunakan akal pikiran kita (sebab itu beda manusia dan hewan), jelas cerita ini menyisakan banyak PR buat pihak-pihak yang punya 'kepentingan' terhadap sejarah. Ya itu berarti kita semua. I believe in God, dan gw yakin bahwa Tuhan menyeru untuk beriman kepada-Nya dengan memakai akal pikiran (sekali lagi sebab itu beda manusia dan hewan, dan sebab itu agama - tauhid & syariat - turun untuk manusia, bukan yg lain). Tidak mungkin Tuhan menyuruh beriman hanya semata keyakinan masing-masing, itu tidak adil, dan Tuhan pasti Maha Adil, mesti ada jalan menuju keimanan itu. Dan jalan itu adalah akal dan pikiran yang sehat. Jadi jalan menuju keimanan itu sangat ilmiah. Jangan pernah merasa tabu mengikutsertakan akal pikiran kita dalam jalan menuju keimanan pada Tuhan, yang dilarang itu adalah syirik, mendewakan akal dan pikiran semata untuk kepentingan duniawi. Dan Tuhan pasti merancang sedemikian rupa jalan itu untuk manusia dengan segala perangkat akal pikirannya. Kecuali ada sebagian umat yang mem-besitua-kan akal pikirannya dan mengedepankan gengsi, kekuasaan, nasab (keturunan) dsb.
Jadi ngaco nya !? Gak ada hubungan dengan Da Vinci Code !? Hehehe .. gw cuma melihat bbrp ibrah dari sisi gw sebagai seorang manusia, yang punya anak dan diperanakkan.

Thursday, June 01, 2006

http://mobil.smisk.us/t610/upload/ - Getting bored with working !?, it's better to play mobile games, available in java and mophun. For k700, k500, t610/t630, t68 or compatible. My favourites : Prince of Persia (java) (Full Version), VRally2 (mpn) (Demo Version but not bad, I'm looking for the full one)

Monday, May 29, 2006

Permainan Sugesti

segala sesuatu di luar diri kita
ada yang menguatkan
pun ada yang melemahkan

saat kita dipuji
kita menjadi kuat
naik setinggi-tingginya
seakan mampu melakukan apapun

saat kita direndahkan
dianggap tidak ada, diabaikan
tiba-tiba kita meluncur
ke jurang yang paling dalam
kita merasa jadi tidak berarti

begitulah memang
bila diri tidak bertaut
kepada Sang Pemilik
Jubah-Jubah Kemuliaan

Sidomukti Bandung, May 29 2006

Arif M Rizal

Monday, May 22, 2006

MotoGP 2006 Perancis - Poor TV7

Ya !, menurut gw walau bagaimanapun Rossi masih yang terbaik, yang membuat Rossi rusak adalah Yamaha. Mesin YZRM1 2006 terlalu diekploitasi sehingga ngajengkang, Rossi beberapa kali kecewa karena masalah chatter (getar) dan enggine yang tiba2 shutdown di seri Perancis. Tidak peduli Rossi ada di Honda, Yamaha, atau Ducati, dia pasti unbreakable, pasti. Gw setuju kalo juara dunia saat ini harusnya masih tetap layak dimiliki Rossi, tapi juara konstruktor/pabrikan menurut gw mesti Honda. Mesin RC211V masih yang tercepat (teorinya begitu, meureun :p). Buktinya Honda sering berada di posisi 2 sampe 6, bergerombol gitu, sedangkan juaranya YZRM1-nya Rossi, pasukan Yamaha yang lain ? ntah kemana. Kemudian kita liat begitu mudahnya Daniel Perdosa (Repsol Honda) melewati Collin Edwards (Camel Yamaha) yang jelas lebih kaya pengalaman di MotoGP di seri China. Itu menunjukkan bahwa Honda masih yang terbaik dari sisi pabrikan. Yamaha tanpa Rossi ? tebak aja sendiri. Jadi sang juara itu adalah Valentino Rossi, bukan Yamaha (saat ini). Kalo Yamaha mau membuktikan diri yang terbaik, kita mesti liat nanti MotoGP 2007 (800 cc) setelah Rossi cabut ke F1.

TV7 Tidak Netral
Siapapun tau sponsor utama MotoGP di TV7 adalah YAMAHA. Tapi menjadi SANGAT TIDAK NYAMAN bila komentar2 para "PAKAR" MotoGP sangat menutup2i kekurangan mesin Yamaha dan menutupi kelebihan mesin pabrikan lain. Coba deh perhatikan, gw gak bisa menyebutkan perkata-nya disini, pokoknya menyebalkan, tidak netral. Kan sangat menarik dan menambah ilmu bagi para MotoGP mania kalo komentar2 para "PAKAR" ini mencakup kelebihan dan kekurangan semua pabrikan. Contohnya pada saat ada salah satu komentator (yg netral) yang mengulas kelebihan mesih Honda, tiba2 langsung di-cut oleh pembawa acara. Kemudian lagi pada saat mesin YZRM1 tiba2 mati di seri Perancis, si komentator (Colin Latung) mengomentari dengan sangat TIDAK CERDAS : "Itu kan masalah sepele, masalah kesalahan teknisi saja bla .. bla .. bla ..". Pokoknya si komentator seperti ketakutan bila ada orang tau tentang kekurangan mesin Yamaha, padahal wajar saja bila ada kekurangan di sana-sini, dibuka saja, toh semua pabrikan juga mengalami hal yang sama, no bikes perfect :p. Lagian kita kan lagi bicara MotoGP, bukan Yamaha Jupiter Z misalnya dsb. Memang pasti acara tersebut jadi alat untuk marketing produk Yamaha di Indonesia, tapi gw pikir tidak masalah bila membicarakan kekurangan dan kelebihan mesin-mesih MotoGP, termasuk Yamaha. Dan bila Honda atau Ducati yang menang ? Hehehe sudah bisa ditebak tidak ada komentar yang menarik tentang mesin Honda RC211V atau Ducati Desmosedici. Yahh pada akhirnya ini memang tidak hanya sekedar tontonan, tapi juga bagian dari strategi marketing. Mudah2an taun depan TV7 atau TV lain bisa dapet sponsor laen yang lebih cerdas dalam mengupas, keberpihakan itu wajar, tapi tidak perlu berlebihan.

Friday, May 19, 2006

MotoGP Riders 2006. Barisan depan L-R : Nicky Hayden (69), Dani Pedrosa (26), Valentino Rossi (46), Colin Edwards (5), Marco Melandri (33), Toni Elias (24). Barisan tengah L-R : John Hopkins (21), Chris Vermeulen (71), Sete Gibernau (15), Loris Cappirosi (65), Sinya Nakano (56), Randy de Puniet (17).Barisan belakang L-R : Casey Stoner (27), Kenny Roberts Jr (10), Makoto Tamada (6), James Ellison (77), Carlos Checa (7), Jose Cardoso (30), Alex Hofmann (66).
www.planetdan.net/pics/misc/georgie.htm - Ups .. Mr. Bush , stop playing, there're some business to be done out there.

Thursday, May 18, 2006

PNS masih menyisakan harapan ? PNS lebih baik atau lebih buruk ? Bergantung pada apa yang kita bandingkan dan dari sisi mana kita melihat kali ye. Tapi semoga yang ini bukan sekedar JANJI PASLU (pessimistic mode) : Gaji PNS Minimal Rp 2 Juta pada 2007

Tuesday, May 02, 2006

Situs Resmi Pengembangan Kawasan Gedebage - Ini dia rencana pengembangan kawasan Bandung timur, Bandoengers need to know !

Thursday, April 27, 2006

Who needs brains when you have these? - apa ini wujud kebobrokan moral wanita !? atau bentuk protes kaum wanita karena sering dilecehkan kaum pria !? atau dua-duanya !? :p

Sunday, April 23, 2006

It's About Attitude

Di saat berhenti sejenak
di persimpangan
berharap masih ada setitik cahaya,
secercah harapan, segenggam asa
Mungkin saja ada yang bisa
membuat hati keras ini untuk tidak berpaling
Mungkin saja ada satu saja logika sederhana
yang bisa menjelaskan kenapa aku harus tetap di sini

Tapi cahaya itu tidak berani menampakkan sinar
malah kian hari tampak semakin redup
Seolah tidak ingin membuatku berpikir keras
malah semakin meringankan langkahku
untuk segera membentangkan layarku yang rapuh
mengarungi samudera
menuju pulau
yang belum tentu lebih indah

Begitulah memang
Kita ini seperti berlayar
di samudera kehidupan
kemudian mencoba menghindari badai yang menerjang
Bila badai itu tak terelakkan
Bila gunung es di depan itu tak sempat lagi dihindari
Mungkin ada yang berenang mencari pulau terdekat
ada pula yang mencoba bertahan

Dalam perjalanannya
Masing-masing punya kemungkinan yang sama
Selamatkah !? atau matikah !?
Tetapi jangan !!!
kita menjadi seperti buih
yang terombang ambing gelombang
yang mengikuti kemana angin membawa

Hidup penuh pilihan memang
tidak hanya mengenai benar atau salah,
baik atau buruk
Tetapi
ini adalah tentang sikap

Sidomukti Bandung, Apr 23 2006
sikapmu menentukan langkahku

Arif M Rizal

Tuesday, April 18, 2006

Sebuah Fase Kecil Kehidupan

Hari-hari ini
memaksaku untuk menapaki hidup ini
dengan lebih keras, bahkan mungkin terkesan arogan
Kelemahan dan kemanjaan hati ini
memang mesti dibenturkan dengan realita kehidupan
tidak hanya tinggal diam di dalam istana hati
yang bertahta emas

Sidomukti Bandung, Apr 18 2006
pendewasaan diri yang melukai

Arif M Rizal

Sunday, April 16, 2006

Sedih

Kesedihan terbesar adalah
saat kesedihan itu hanya merupakan bagian dari ego
Bukan kesedihan terhadap sesuatu

Maafkan aku
Karena masih menjadi anak kecil
yang manja

Sidomukti Bandung, Apr 16 2006
untuk sang kekasih

Arif M Rizal

Wednesday, April 05, 2006

Bandung Begins

.. air "Danau Bandung" diperkirakan mulai surut pada masa neolitikum (± 8000 - 7000 s.M.). Proses surutnya air danau itu berlangsung secara bertahap dalam waktu berabad-abad.
[more]

Monday, March 27, 2006

Superbike versus MotoGP

.. bisa dipastikan teknologi sepeda motor superbike kalah canggih dengan MotoGP. Apalagi tahun ini panitia lomba superbike, FG Sport, melarang penggunaan teknologi mesin canggih, seperti pengapian big bang. Namun penggunaan launch control, traksi kontrol, dan antispin masih diizinkan.
[more]

Friday, March 24, 2006

All Things Web 2.0 - "THE LIST" - dapet link ini dari blog enda, ini tentang list website yang dikategorikan sebagai generasi Web 2.0.

Thursday, March 16, 2006

CPNS, Would You !?

Ditrima euy !!!
Bukan masalah mau diambil atau nggak sih
Momennya itu yang penting :D
Bersejarah
Kalo perlu pengumumannya di-laminating hehehe

Dulu ngeceng2-nya sih LIPI, tapi jadwalnya ternyata bentrok. Jodohnya mungkin memang di Bandung. Jadi kuncen Bandung forever.

Tanggal 15 dan 16 Maret ini merupakan hari2 penting bagi para pemburu kerja sebagai kuli plat merah. Kalo untuk Jabar semua ada di koran PR tanggal 15 dan 16 Maret. Slamet buat yang pada lulus !!! Pikir lagi baek2, serius mau jadi PNS !? Think it over and over !!

Friday, March 10, 2006

Ringkasan Hasil Penelitian Weblog - nambah ilmu tentang blog, bacaan bagus.

Thursday, March 09, 2006

Jenuh

Ini apa ya
Hari-hari ini males, gak konsentrasi, hilang fokus
Kerjaan jadi susah semua perasaan
Apa karena baru sakit ya hari Senen kemaren
Tapi perasaanku lebih dari itu
Ini tentang Fisik dan Psikis
Gw udah jenuh mungkin
Mungkin juga ini sindrom transisi
Yang jelas aku ngerasa cape tiap hari, jenuh, bosen

Tuesday, February 28, 2006

Konflik di Ujung Persimpangan

Konflik itu wajar terjadi,
dengan begitu kita jadi saling mengenal,
saling evaluasi,
saling menilai,
kemudian kita bisa saling memahami karakter.

Dengan mengenal karakter, kita jadi bisa memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya !!!
Kalo sudah bisa memprediksi, kita jadi tau apa yang mesti kita lakukan.
Cepat atau lambat kita akan sampai pada titik-titik persimpangan.
Pada akhirnya kita akan dihadapkan pada pilihan-pilihan.
Ternyata hidup ini memang penuh pilihan bukan !?

Jadi konflik tidak untuk disesali apalagi dihindari.
Kalo menghindari konflik sama aja menyimpan bom waktu.
Bukankah dengan konflik kita menjadi tambah dewasa !?

Sidomukti Bandung, Feb 28 2006
when unsymphatetic response talks

Arif M Rizal

Monday, February 27, 2006

Google Page Creator - Satu lagi dari Google. Suatu tools untuk membuat web pages dengan domain http://yourgmailusername.googlepages.com. Ada fitur file upload-nya juga. It's mine.

Friday, February 24, 2006

The Broken Software Development Cycle : an autocritic

Notice:
Konteks tulisan ini adalah spesifik, bukan pada umumnya.

Sejauh yang saya alami dan amati, tanpa bermaksud melakukan pembelaan diri, masalah terbesar software development itu seringkali ada pada rangkaian system requirement, system analysis, dan system design (bukan layout design lho ya). Suatu rangkaian pekerjaan yang selama di bangku kuliah seolah2 menjadi pusat perhatian, kok di dunia profesional sangat terabaikan, ironis memang.

Bayangkan aja, saat kuliah, pemetaan system requirement ke dalam model system design itu memerlukan waktu yang sangat lama, berbulan-bulan. Model sistem-pun sangat banyak jumlahnya. Belum lagi berbagai metode yang digunakan pun bisa beragam. Suatu sistem bisa dilihat dari berbagai sisi, dalam berbagai konteks. Misalnya ada sudut pandang statis struktural, ada juga sudut pandang dinamis behavioral, atau masih banyak lagi.

Saya sih gak berharap selengkap itu, ya minimal mulai seriuslah membuat model sistem design, karena itu yang akan di-implement oleh kuli-kuli seperti saya ini. Analisis sistem dan desain sistem yang rapuh seringkali mengacaukan siklus software engineering. Ingat itu kalo yang rapuh, apalagi kalo nggak ada sama sekali. Kita sudah seharusnya malu, karena metodologi2 itu sudah dipelajari anak2 mahasiswa D3 sekalipun. Tahun 2001, TA D3 saja sudah banyak yang menggunakan UML, masa kita yang mengaku profesional mau balik lagi ke jaman batu !?

Kalo kita liat di luar sana, betapa metodologi itu sangat menjadi pondasi penting. Setiap mata selalu meng-adopt metodologi terbaru dan terbaik. Karena system development itu produknya tidak hanya software / program / code, melainkan juga system artifact, blueprint, model, etc. Ini penting, karena mereka serius untuk terus mengembangkan sistem setahap demi setahap, menuju versi yang lebih baik.

Kalo kita ingin hidup 100 tahun lagi, sudah saatnya kita berubah.

Wednesday, February 22, 2006

I'll name you Hilal

Hari ini anakku berumur 22 minggu 1 hari dalam kandungan. Kata dokter sih laki-laki. Aku mau kasih nama Hilal. Baru rencana sih, mungkin aja ntar rubah2 lagi. Hilal itu artinya bulan sabit pertama yang terlihat yang menjadi tanda awal bulan baru pada penanggalan Hijriyah. Hilal juga artinya awal turunnya hujan. Hilal juga bisa diartikan ular jantan.

Kalo dimaknai, kira2 begini :
Bulan sabit : indah, bagus, kalo cowo ya berarti cakep, rupawan
Tanda muculnya bulan baru : anak pertama; penjelas kebenaran
Awal turunnya hujan : rizki yang manfaat dari Allah
Ular jantan : anak laki-laki, lelaki sejati, cowo banget lah

Kalo ternyata anakku perempuan, juga gpp, ntar aku cari lagi nama yang pas, hehehe

Wednesday, February 15, 2006

presidensby.info - situs resmi Presiden SBY, cepet juga ya aksesnya, trus ada feed-nya juga. Bagus deh, saya dukung birokrat yang melek IT. Ngomong2 kapan SBY mau nge-blog !?? :D

Monday, February 13, 2006

Romantisme Pancasila

..salah satu bentuk pengamalan sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab adalah ..
Begitulah kira-kira bunyi soal nomor 1 ujian CPNS formasi 2005 :p. Ngeliat soal itu aku cuma tersenyum, jadi inget beberapa taun lalu (udah lama sih :p) waktu SMA. Ternyata belum berubah, ternyata masih ada soal2 macam itu. Itulah Indonesa.

Friday, February 10, 2006

Krugle - Mesin Cari Khusus Programmer, programming saat ini dan ke depannya rupanya mengarah pada code assembling, basisnya mungkin Object Oriented dan Teknologi Komponen (meureun nya :p). Cuma bagaimana mengintegrasikan kode2 yg berserakan di internet !? Kabarnya itulah salahsatu fungsi Krugle yang saat ini masih versi beta. Welcome deh ..

Thursday, February 09, 2006

Be expert (in any platform) ?

Hari Rabu, 8 Februari 2006, saya ikut Oracle Technical Training di Jakarta held by Metrodata. Materinya memang masih dasar (PL/SQL : Structured Programming bangget :p), tapi anggap aja "reminding" materi yang emang jarang gw pake. Jadi boleh dikatakan materinya udah bosen, tapi gak pernah jago apalagi expert. Knapa jarang dipake ? Kalo boleh autokritik sih, selama ini banyak business logic yang diletakan di aplikasi, padahal bisa diletakan on DBMS, bahkan kalo konteksnya tepat bisa lebih cepat. Tapi ini awal yang bagus, apalagi kalo kedepannya diadakan lagi dengan materi2 yang tentunya terus meningkat.

So why don't you put your business logic on DBMS ? Alasannya mungkin kita mesti punya waktu (atau males) untuk explore DBMS (sampe pelosok2-nya) selain programming language, padahal project deadline udah di depan mata, sehingga lebih mengedepankan RAD (Rapid Application Development). Alasan lain : jika business logic on DBMS, akan lebih sulit jika porting to other DBMS platform (ngikutin kemauan user :p)

Ngomong2 soal expert, knapa ya jadi expert (atau mengenal lebih jauh) itu sulit ?! Alasan klasiknya sih mungkin kita (atau perusahaan kita :p) terlalu pengen segala bisa, porting sana - porting sini. Expert di banyak platform sih bagus, kalo itu dalam context company. Tapi dari sisi enggineer, bila tidak punya fokus yang jelas, akan sulit untuk menjadi expert. Pindah2 platform bagi programmer itu udah biasa, tapi bila pindah2 itu dalam keadaan yang belom matang, pada akhirnya pengalaman banyak tapi gak ahli dimana2, kompetensinya pun menjadi rendah. That's so bad.

Jadi kalo (IT) company mau expert di banyak platform, ya harus memikirkan ploting dan maping resources-nya juga. Agar aset yang sangat berharga itu punya kompetensi yang tinggi.

Tuesday, February 07, 2006

Daftar 10 Pekerjaan TI Idaman
-Clinical Research Associate - $38.52
-Data Manager - $45.06
-Customer Relationship Management (CRM) Project Manager - $62.01
-Data Warehouse Architect - $69.03
-Hardware/Firmware engineer - $59.34
-.NET Developer - $45.77
-Oracle Database Administrator - $55.82
-Project Manager - $57.07
-SAP Functional Consultant - $75.09
-Senior Scientist - $43.76

-PHP Programmer - $??.??, any idea ?! :p

Pro Kontra "Blog adalah trend sesaat"

Tulisan Roy Suryo: Yang Penting Masyarakat Mendapatkan Hikmah. (seperti biasanya) banyak mendapat komentar dari bloggers. Ko gw ngeliatnya seperti ada yang "gak clear" dengan perbedaan pendapat antara bloggers dengan Roy Suryo (RS), terakhr gw liat dikomentarin di priyadi.net.

Mungkin pernyataan RS yang mengatakan bahwa blog adalah "trend sesaat" menyinggung atau bersebrangan pendapat dengan banyak pihak, terutama bloggers. Menurut gw sih pertama, itu kan hak dia untuk berpendapat selama tidak melanggar hukum & norma (sebagaimana kita sering menulis opini kita sendiri di blog dan mungkin bersebrangan dengan pendapat orang lain); Kedua, mending pendapat RS itu kita artikan bahwa teknologi sebagai alat berkomunikasi apalagi di dunia internet akan terus berkembang bahkan berubah, dan memang kenyataannya begitu toh ?!.

Gw pribadi khawatir terhadap komentar2 yang dilontarkan oleh sebagian orang, gw takut (cuma kekhawatiran aja) mereka cuma ngeliat quote2 yang sepotong2, trus ikut2 an berkomentar, apalagi ngehujat (mudah2 an salah), wah .. jadinya gak fair dong, gw pikir ini gak sehat.

Apa yang RS kemukakan, jika sependapat kita dukung, jika nggak, ya gpp juga, kita bebas berpendapat kan ? tanpa harus menghujat orang dengan bahasa yang kalo ditujukan kepada kita juga pasti gak enak banget.

Kalo gw pribadi sih ngebaca tulisan itu, sebagai tambahan wacana buat kita, terutama buat gw yang blm tau banyak masalah blog, tapi mungkin buat pakar2 blog itu jadi masalah ya ?! hmmm mungkin juga. cmiww ..

Monday, February 06, 2006

Dunia baru www: blog dan web 2.0

Aplikasi mutakhir yang dianggap menyumbang pada pengertian Web 2.0 termasuk blog, podcast, RSS feed. Ada lagi ‘Flickr’ dan ‘43 Places’. Prinsipnya adalah sharing melalui ‘user-generated content.’
more at www.perspektif.net

Thursday, February 02, 2006

I'm getting infected Blog.Worm

Ikut(ikut)an ah, daripada ga ada kerjaan :p
Blog.Worm
Ketularan koronx

ASP File Upload

Semakin lama kerja pake ASP, semakin aku mencintai PHP. Hehehe .. mungkin karena terbiasa dengan kemudahan dan RAD-nya PHP. Tapi dibalik rumitnya struktur itu terdapat banyak pelajaran berharga sih. Kita jadi tau arsitektur yang ideal (menurut vendor), Object Model dari teknologi2, hirarki component, ... dst.

Salah satu yang perlu diperhatikan di ASP (JSP juga sih) yaitu file upload. Memang gak sesederhana di PHP, kalo diliat2 sepintas sih rada ribet juga, tapi gampang .. download aja di Free ASP Upload :p, beres deh urusan. Ternyata banyak orang2 pinter di pelosok2 dunia ini yang mau membagi ilmunya buat kita2 yang sering mentok .. hehehe.

Monday, January 23, 2006

Penerimaan CPNS mulai dibuka 21 Januari 2006

Masih pagi2 .. baru aja dateng, anak2 udah pada ribut CPNS nih ..
Belon apa2 udah banyak saingan euy :D hehehhe
Baguslah, pertanda masih ada keinginan untuk mengabdi pada negara-nya :p hihhii
Atau untuk memperbaiki nasib :D

Buat yang belum tau, hari sabtu kemaren (Jan 21 06) pendaftaran CPNS dibuka serentak. Terutama yang aku liat sih di Pemda Cimahi, Bandung, Jabar (PR-Jan 21 06). Lokasi lain mungkin sama juga x y. Silaken cari di surat kabar atau internet. Selamat Berjuang deh. Mudah2 an praktek2 kotor CPNS "agak" berkurang kali ini. (in your dreams)

Note : Beberapa link cpns ada di sini.

Saturday, January 21, 2006

Aksi Mendukung Taksi BlueBird Bandung

Kata "taxi", di Bandung identik dengan argo tembak, jadi banyak yang takut naek taxi. Alternatif lain ... naek angkot !? Terlalu banyak ketidaknyamanan di angkot, udah gitu tarifnya juga sering gak jelas, gak ada aturan yang dipatuhi bersama, apalagi harga2 dalam setaun naik beberapa kali.

Masuknya BlueBird mengundang pro-kontra, yang kontra tentu aja kebanyakan taxi2 "platform" lain. Kalo menurutku sih, kita mesti mendukung setiap perubahan yang mengarah kepada perbaikan sistem, apalagi existing system yang pabaliut, paburisat, pating jelegerr.

Walaupun mungkin ada pihak2 yang "dirugikan" dengan masuknya barang baru ini di Bandung. Tapi kalo ini untuk masa depan Bandung yang Bermartabat - bukan martabak, knapa nggak kita dukung !?

Kalo kamu termasuk yang setuju ayo dukung Aksi Mendukung Taksi BlueBird Bandung. Aspirasikan suaramu di sini. Seberapa jauh efektifitas aksi ini ? Yang hanya lewat dunia maya ? Suarakan aja, public (I mean published) opinion itu penting :p

Saturday, January 14, 2006

Aktualisasi Diri

Perubahan terjadi ketika Aku menjadi diriku sendiri.
Membiarkan Aku jujur mengekspresikan pikiran dan perasaanku.
Semakin dalam Aku merasakannya, semakin cepat hal itu menghilang,
sehingga memungkinkan Aku untuk
menemukan hal-hal yang positif dalam hidupku.
Setelah Aku melihat dunia dengan cara yang baru dan berbeda,
maka Akupun bisa mengubah aspek luar dari kehidupanku.
Aku juga lebih bergairah untuk meraih tujuan hidupku,
lebih bertanggung jawab dan memandang kegagalan sebagai umpan balik.

Sesekali kita perlu memotivasi diri, flash-back, track-back,
menelusuri log-file kehidupan kita. Tul gak !?
Terutama saat sepi di hari sabtu begini :p he..he..he

Bandung, Sept 7-8 2002 at esq-unpad

Sunday, January 08, 2006

Siapa yang Tahu, Hari Ini Tahun Baru Sunda?

APAKAH Anda tahu kalau hari ini, Minggu, 8 Januari 2006, merupakan tahun baru Sunda? Tahun baru yang berdasarkan sistem penanggalan (kalender) Sunda.

Mungkin mayoritas masyarakat Sunda sendiri yang hidup di tatar Pasundan, tidak tahu kalau hari ini, berdasarkan sistem penanggalan Sunda (Kala Sunda) merupakan tahun baru Sunda yang jatuh pada dinten Radite Pahing, ping 1 Sukla Paksa, sasih Kartika, Tahun 1942 Caka Sunda.

Memang, selama ini urang Sunda menjadi subordinat pelaku budaya lain. Padahal, 400 tahun masa kejayaan Sultan Agung Mataram suku Sunda menjadi bagian dari pelaku sejarah, tapi orang Sunda justru lebih akrab dan banyak menggunakan sistem penanggalan Masehi, Hijriah, atau Jawa.

... selengkapnya di Pikiran Rakyat : Siapa yang Tahu, Hari Ini Tahun Baru Sunda?

related article
Kalender Sunda, Setelah 500 Tahun Menghilang

Saturday, January 07, 2006

Rss Feed, Menu Baru Di Detikinet

Detikinet sekarang udah punya rss feed yah !?, salut deh .., smoga diikutin situs berita laen, emang udah saatnya sekarang portal2 berita mendistribusikan web content-nya lewat rss feed. Feed-nya bisa diakses di http://www.detikinet.com/index.php/feed/

Thursday, January 05, 2006

Honda Karisma e-Book - posting Bro Afri di milis karisma_honda, smoga berguna buat bikers.

Tuesday, January 03, 2006

Perda K3 Kota Bandung - boleh juga, terutama peraturan tentang merokok di tempat umum :p

Monday, January 02, 2006

Set Year = new Year(2006)

Taun 2005 ..
Mei sidang, trus Juni wisuda,
September nikah, and then 1 bulan kemudian istriku mengandung.

Alhamdulillahi Rabbil 'Alamiin

Terimakasih Ya Allah atas nikmat-Mu yang tak mampu kuhitung dengan jariku yang kecil ini.

Fabiayyi Aalaairabbikuma Tukadzibaan
Fabiayyi Aalaairabbikuma Tukadzibaan
Fabiayyi Aalaairabbikuma Tukadzibaan

Selamat datang 2006
Bismillahirrahmanirrahiim