Friday, June 02, 2006

The da Vinci Code

Last Supper Detail shows Jesus and Beloved DiscipleThe Da Vinci Code versi chm (540 K) - dapet dari Hani, gw jg blm sempet baca :p, banyak banget, keburu nonton film nya kemaren. Hmm gmn ya, masalah keIllahian yang debatable. Ya ! itu memang film. Tapi kalo kita menggunakan akal pikiran kita (sebab itu beda manusia dan hewan), jelas cerita ini menyisakan banyak PR buat pihak-pihak yang punya 'kepentingan' terhadap sejarah. Ya itu berarti kita semua. I believe in God, dan gw yakin bahwa Tuhan menyeru untuk beriman kepada-Nya dengan memakai akal pikiran (sekali lagi sebab itu beda manusia dan hewan, dan sebab itu agama - tauhid & syariat - turun untuk manusia, bukan yg lain). Tidak mungkin Tuhan menyuruh beriman hanya semata keyakinan masing-masing, itu tidak adil, dan Tuhan pasti Maha Adil, mesti ada jalan menuju keimanan itu. Dan jalan itu adalah akal dan pikiran yang sehat. Jadi jalan menuju keimanan itu sangat ilmiah. Jangan pernah merasa tabu mengikutsertakan akal pikiran kita dalam jalan menuju keimanan pada Tuhan, yang dilarang itu adalah syirik, mendewakan akal dan pikiran semata untuk kepentingan duniawi. Dan Tuhan pasti merancang sedemikian rupa jalan itu untuk manusia dengan segala perangkat akal pikirannya. Kecuali ada sebagian umat yang mem-besitua-kan akal pikirannya dan mengedepankan gengsi, kekuasaan, nasab (keturunan) dsb.
Jadi ngaco nya !? Gak ada hubungan dengan Da Vinci Code !? Hehehe .. gw cuma melihat bbrp ibrah dari sisi gw sebagai seorang manusia, yang punya anak dan diperanakkan.