Tuesday, February 28, 2006

Konflik di Ujung Persimpangan

Konflik itu wajar terjadi,
dengan begitu kita jadi saling mengenal,
saling evaluasi,
saling menilai,
kemudian kita bisa saling memahami karakter.

Dengan mengenal karakter, kita jadi bisa memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya !!!
Kalo sudah bisa memprediksi, kita jadi tau apa yang mesti kita lakukan.
Cepat atau lambat kita akan sampai pada titik-titik persimpangan.
Pada akhirnya kita akan dihadapkan pada pilihan-pilihan.
Ternyata hidup ini memang penuh pilihan bukan !?

Jadi konflik tidak untuk disesali apalagi dihindari.
Kalo menghindari konflik sama aja menyimpan bom waktu.
Bukankah dengan konflik kita menjadi tambah dewasa !?

Sidomukti Bandung, Feb 28 2006
when unsymphatetic response talks

Arif M Rizal

Monday, February 27, 2006

Google Page Creator - Satu lagi dari Google. Suatu tools untuk membuat web pages dengan domain http://yourgmailusername.googlepages.com. Ada fitur file upload-nya juga. It's mine.

Friday, February 24, 2006

The Broken Software Development Cycle : an autocritic

Notice:
Konteks tulisan ini adalah spesifik, bukan pada umumnya.

Sejauh yang saya alami dan amati, tanpa bermaksud melakukan pembelaan diri, masalah terbesar software development itu seringkali ada pada rangkaian system requirement, system analysis, dan system design (bukan layout design lho ya). Suatu rangkaian pekerjaan yang selama di bangku kuliah seolah2 menjadi pusat perhatian, kok di dunia profesional sangat terabaikan, ironis memang.

Bayangkan aja, saat kuliah, pemetaan system requirement ke dalam model system design itu memerlukan waktu yang sangat lama, berbulan-bulan. Model sistem-pun sangat banyak jumlahnya. Belum lagi berbagai metode yang digunakan pun bisa beragam. Suatu sistem bisa dilihat dari berbagai sisi, dalam berbagai konteks. Misalnya ada sudut pandang statis struktural, ada juga sudut pandang dinamis behavioral, atau masih banyak lagi.

Saya sih gak berharap selengkap itu, ya minimal mulai seriuslah membuat model sistem design, karena itu yang akan di-implement oleh kuli-kuli seperti saya ini. Analisis sistem dan desain sistem yang rapuh seringkali mengacaukan siklus software engineering. Ingat itu kalo yang rapuh, apalagi kalo nggak ada sama sekali. Kita sudah seharusnya malu, karena metodologi2 itu sudah dipelajari anak2 mahasiswa D3 sekalipun. Tahun 2001, TA D3 saja sudah banyak yang menggunakan UML, masa kita yang mengaku profesional mau balik lagi ke jaman batu !?

Kalo kita liat di luar sana, betapa metodologi itu sangat menjadi pondasi penting. Setiap mata selalu meng-adopt metodologi terbaru dan terbaik. Karena system development itu produknya tidak hanya software / program / code, melainkan juga system artifact, blueprint, model, etc. Ini penting, karena mereka serius untuk terus mengembangkan sistem setahap demi setahap, menuju versi yang lebih baik.

Kalo kita ingin hidup 100 tahun lagi, sudah saatnya kita berubah.

Wednesday, February 22, 2006

I'll name you Hilal

Hari ini anakku berumur 22 minggu 1 hari dalam kandungan. Kata dokter sih laki-laki. Aku mau kasih nama Hilal. Baru rencana sih, mungkin aja ntar rubah2 lagi. Hilal itu artinya bulan sabit pertama yang terlihat yang menjadi tanda awal bulan baru pada penanggalan Hijriyah. Hilal juga artinya awal turunnya hujan. Hilal juga bisa diartikan ular jantan.

Kalo dimaknai, kira2 begini :
Bulan sabit : indah, bagus, kalo cowo ya berarti cakep, rupawan
Tanda muculnya bulan baru : anak pertama; penjelas kebenaran
Awal turunnya hujan : rizki yang manfaat dari Allah
Ular jantan : anak laki-laki, lelaki sejati, cowo banget lah

Kalo ternyata anakku perempuan, juga gpp, ntar aku cari lagi nama yang pas, hehehe

Wednesday, February 15, 2006

presidensby.info - situs resmi Presiden SBY, cepet juga ya aksesnya, trus ada feed-nya juga. Bagus deh, saya dukung birokrat yang melek IT. Ngomong2 kapan SBY mau nge-blog !?? :D

Monday, February 13, 2006

Romantisme Pancasila

..salah satu bentuk pengamalan sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab adalah ..
Begitulah kira-kira bunyi soal nomor 1 ujian CPNS formasi 2005 :p. Ngeliat soal itu aku cuma tersenyum, jadi inget beberapa taun lalu (udah lama sih :p) waktu SMA. Ternyata belum berubah, ternyata masih ada soal2 macam itu. Itulah Indonesa.

Friday, February 10, 2006

Krugle - Mesin Cari Khusus Programmer, programming saat ini dan ke depannya rupanya mengarah pada code assembling, basisnya mungkin Object Oriented dan Teknologi Komponen (meureun nya :p). Cuma bagaimana mengintegrasikan kode2 yg berserakan di internet !? Kabarnya itulah salahsatu fungsi Krugle yang saat ini masih versi beta. Welcome deh ..

Thursday, February 09, 2006

Be expert (in any platform) ?

Hari Rabu, 8 Februari 2006, saya ikut Oracle Technical Training di Jakarta held by Metrodata. Materinya memang masih dasar (PL/SQL : Structured Programming bangget :p), tapi anggap aja "reminding" materi yang emang jarang gw pake. Jadi boleh dikatakan materinya udah bosen, tapi gak pernah jago apalagi expert. Knapa jarang dipake ? Kalo boleh autokritik sih, selama ini banyak business logic yang diletakan di aplikasi, padahal bisa diletakan on DBMS, bahkan kalo konteksnya tepat bisa lebih cepat. Tapi ini awal yang bagus, apalagi kalo kedepannya diadakan lagi dengan materi2 yang tentunya terus meningkat.

So why don't you put your business logic on DBMS ? Alasannya mungkin kita mesti punya waktu (atau males) untuk explore DBMS (sampe pelosok2-nya) selain programming language, padahal project deadline udah di depan mata, sehingga lebih mengedepankan RAD (Rapid Application Development). Alasan lain : jika business logic on DBMS, akan lebih sulit jika porting to other DBMS platform (ngikutin kemauan user :p)

Ngomong2 soal expert, knapa ya jadi expert (atau mengenal lebih jauh) itu sulit ?! Alasan klasiknya sih mungkin kita (atau perusahaan kita :p) terlalu pengen segala bisa, porting sana - porting sini. Expert di banyak platform sih bagus, kalo itu dalam context company. Tapi dari sisi enggineer, bila tidak punya fokus yang jelas, akan sulit untuk menjadi expert. Pindah2 platform bagi programmer itu udah biasa, tapi bila pindah2 itu dalam keadaan yang belom matang, pada akhirnya pengalaman banyak tapi gak ahli dimana2, kompetensinya pun menjadi rendah. That's so bad.

Jadi kalo (IT) company mau expert di banyak platform, ya harus memikirkan ploting dan maping resources-nya juga. Agar aset yang sangat berharga itu punya kompetensi yang tinggi.

Tuesday, February 07, 2006

Daftar 10 Pekerjaan TI Idaman
-Clinical Research Associate - $38.52
-Data Manager - $45.06
-Customer Relationship Management (CRM) Project Manager - $62.01
-Data Warehouse Architect - $69.03
-Hardware/Firmware engineer - $59.34
-.NET Developer - $45.77
-Oracle Database Administrator - $55.82
-Project Manager - $57.07
-SAP Functional Consultant - $75.09
-Senior Scientist - $43.76

-PHP Programmer - $??.??, any idea ?! :p

Pro Kontra "Blog adalah trend sesaat"

Tulisan Roy Suryo: Yang Penting Masyarakat Mendapatkan Hikmah. (seperti biasanya) banyak mendapat komentar dari bloggers. Ko gw ngeliatnya seperti ada yang "gak clear" dengan perbedaan pendapat antara bloggers dengan Roy Suryo (RS), terakhr gw liat dikomentarin di priyadi.net.

Mungkin pernyataan RS yang mengatakan bahwa blog adalah "trend sesaat" menyinggung atau bersebrangan pendapat dengan banyak pihak, terutama bloggers. Menurut gw sih pertama, itu kan hak dia untuk berpendapat selama tidak melanggar hukum & norma (sebagaimana kita sering menulis opini kita sendiri di blog dan mungkin bersebrangan dengan pendapat orang lain); Kedua, mending pendapat RS itu kita artikan bahwa teknologi sebagai alat berkomunikasi apalagi di dunia internet akan terus berkembang bahkan berubah, dan memang kenyataannya begitu toh ?!.

Gw pribadi khawatir terhadap komentar2 yang dilontarkan oleh sebagian orang, gw takut (cuma kekhawatiran aja) mereka cuma ngeliat quote2 yang sepotong2, trus ikut2 an berkomentar, apalagi ngehujat (mudah2 an salah), wah .. jadinya gak fair dong, gw pikir ini gak sehat.

Apa yang RS kemukakan, jika sependapat kita dukung, jika nggak, ya gpp juga, kita bebas berpendapat kan ? tanpa harus menghujat orang dengan bahasa yang kalo ditujukan kepada kita juga pasti gak enak banget.

Kalo gw pribadi sih ngebaca tulisan itu, sebagai tambahan wacana buat kita, terutama buat gw yang blm tau banyak masalah blog, tapi mungkin buat pakar2 blog itu jadi masalah ya ?! hmmm mungkin juga. cmiww ..

Monday, February 06, 2006

Dunia baru www: blog dan web 2.0

Aplikasi mutakhir yang dianggap menyumbang pada pengertian Web 2.0 termasuk blog, podcast, RSS feed. Ada lagi ‘Flickr’ dan ‘43 Places’. Prinsipnya adalah sharing melalui ‘user-generated content.’
more at www.perspektif.net

Thursday, February 02, 2006

I'm getting infected Blog.Worm

Ikut(ikut)an ah, daripada ga ada kerjaan :p
Blog.Worm
Ketularan koronx

ASP File Upload

Semakin lama kerja pake ASP, semakin aku mencintai PHP. Hehehe .. mungkin karena terbiasa dengan kemudahan dan RAD-nya PHP. Tapi dibalik rumitnya struktur itu terdapat banyak pelajaran berharga sih. Kita jadi tau arsitektur yang ideal (menurut vendor), Object Model dari teknologi2, hirarki component, ... dst.

Salah satu yang perlu diperhatikan di ASP (JSP juga sih) yaitu file upload. Memang gak sesederhana di PHP, kalo diliat2 sepintas sih rada ribet juga, tapi gampang .. download aja di Free ASP Upload :p, beres deh urusan. Ternyata banyak orang2 pinter di pelosok2 dunia ini yang mau membagi ilmunya buat kita2 yang sering mentok .. hehehe.